Memilih proyektor

Tipe proyektor

LCD standar – Proyektor LCD (liquid crystal display) ini menggunakan satu panel kaca LCD yang mengatur tiga warna utama. Tipe proyektor jenis ini menurun di pasaran sementara proyektor LCD tipe polysilicon dan proyektor LCD dengan teknologi DLP (proyektor DLP) makin populer.

LCD Polysilicon – Proyektor LCD Polysilicon mengatur warna melalui tiga panel sehingga mempunyai kualitas lebih tinggi dari pada proyektor LCD standar. Hasil proyeksi melalui tiga panel ini memungkinkan proyektor ini menghasilkan saturasi warna yang lebih baik dari pada proyektor LCD standar.

DLP – Proyektor DLP (digital light processing) menggunakan chip dengan ribuan cermin berukuran mikro yang memodulasikan cahaya dari lampu dan memproyeksikannya melalui lensa. Sistem DLP tersusun atas lebih dari 400.000 cermin yang sangat kecil, yang me-modulasikan cahaya dari lampu dan memproyeksikan sinyal cahaya yang termodulasi keluar melalui lensa ke layar. Teknologi ini disebut juga DMD (Digital Mirror Device). Proyektor DLP adalah salah satu tipe proyektor yang banyak beredar di pasaran.

DLP versus LCD

Teknologi proyektor DLP dan LCD memproses cahaya dengan cara yang sangat berbeda. Dan kedua teknik ini menentukan tidak hanya cara mengoperasikan kedua jenis proyektor tersebut tetapi juga menentukan jenis proyektor mana yang hendak anda beli. Walaupun proyektor LCD menghasilkan gambar yang lebih terang dari pada proyektor DLP, teknik pemrosesan cahaya pada proyektor LCD meyebabkan (membatasi) umur atau masa pakai dari proyektor LCD selama periode waktu tertentu. Artinya masa pakai proyektor LCD lebih pendek dari pada proyektor DLP.

Desain proyektor DLP menggunakan teknik pantulan untuk menghasilkan gambar dari ribuan cermin berukuran sangat kecil. Oleh karenanya, panas yang dihasilkan lampu tidak banyak berpengaruh pada komponen-komponen yang ada. Proyektor DLP dapat beroperasi secara terus menerus tanpa mengalami penurunan kinerja. Penurunan yang terjadi datang dari lampu yang mengalami penurunan kecerahan/terang setelah masa pakai sekian lama. Lampu dapat diganti dan kemudian kualitas proyektor DLP kembali seperti semula.

Sebaliknya, proyektor berbasis LCD hanya boleh beroperasi secara efektif selama 8-10 jam per hari. Jika lebih lama dari itu, maka gambar yang dihasilkan menjadi jatuh/buruk dan tidak bisa kembali ke kondisi awal. Desain transmisi gambar pada proyektor LCD melewatkan cahaya melalui chip LCD kemudian melalui optik lalu ke layar. Panas yang dihasilkan disalurkan ke chip LCD dari sumber cahaya. Chip LCD akan mulai memburuk selama menyalurkan panas ini dalam pengoperasian yang lama atau terus menerus. Hal ini mengakibatkan banyak kehilangan kualitas gambar seperti perubahan/pergeseran warna dari warna aslinya, perubahan kontras, dan kualitas gambar secara umum. Pada Prakteknya, hal utama yang terjadi adalah panas yang terus menerus menyebabkan permukaan sedikit “meleleh” atau melengkung. Hal ini akan merusak LCD proyektor secara permanen.

7 Responses to Memilih proyektor

  1. anim hadi says:

    menurut bapak, pilihan yang murah tapi kualitasnya bagus untuk sekolah apa pak?

  2. taqim says:

    kalo saya lebih memilih DLP krn lebih tahan panas dan biaya ganti lampu mungkin lebih murah dari pada ganti CCD, trus yg resolusi 1024×768 keatas dan 2000 lumens keatas.

  3. Menurut Bapak, merk apa yang murah tapi bagus untuk jenis proyektor dlp seperti yg disebutkan bapak diatas?

    • mustaqim says:

      saya belum ada pengalaman dengan merek proyektor tertentu, soalnya belum punya sih. he.he. baru rencana…
      ya terserah selera masing-masing, ada yang merasa lebih mantap dengan merek tertentu..

  4. yuliant says:

    Informasi yang sangat membantu saya untuk memilih proyektor yang sesuai dengan kebutuhan dan budget.terima kasih

  5. Nicko says:

    Tulisan yang bapak buat ini berdasarkan referensi atau kutipan dari mana ya?

    Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: