Forum Diskusi Ahli Bahas Penetrasi TIK di Indonesia

JAKARTA- Sekitar 60 ahli teknologi informasi dan telekomunikasi (TIK) akan membahas penetrasi TIK di Indonesia dalam suatu forum ahli yang difasilitasi The Habibie Center dan akan berlangsung di Jakarta pada 6 Desember mendatang.

Forum diskusi ahli tersebut akan membicarakan antara lain mengenai target yang ditetapkan Depkominfo untuk membangun “ekosistem broadband” agar 50 juta penduduk Indonesia dapat terhubung dengan internet pada 2012.

“Saat ini, hanya 20 juta atau 10 persen penduduk Indonesia yang terhubung dengan internet. Angka ini masih sangat rendah jika dibandingkan dengan 66,2 persen di Singapura atau di negara Asia lain seperti Malaysia, Brunei dan Vietnam yang tingkat penetrasinya lebih dari 40 persen,” papar Ketua Institut Demokratisasi dan Sosialisasi Teknologi The Habibie Center, Ilham Akbar Habibie di Jakarta, Rabu (28/11).

Forum diskusi ahli yang bertajuk “Demokrasi 2.0: Menuju Kewargaan yang Partisipasif” itu akan membahas sembilan pertanyaan dasar untuk mencapai target penetrasi penggunaan internet antara lain platform teknologi yang optimal seperti apakah yang dibutuhkan.

“Selama ini kita memakai teknologi dari luar yang mungkin tidak cocok dengan kita baik dari segi isi, budaya maupun teknologi yang digunakan. Akan lebih baik jika kita mengetahui dan menguasai teknologi yang kita butuhkan. Istilahnya, teknologi tepat guna,” papar Ilham.

Masalah biaya tentu saja termasuk salah satu pembahasan yaitu bagaimana menekan biaya dan antisipasi pemasukan baru dari aplikasi “broadband” tersebut serta bagaimana menjadikan broadband sebagai alat untuk meningkatkan pendapatan bagi penduduk Indonesia yang berpenghasilan rendah.

Peran pemerintah disebut sangat penting dalam mewujudkan ekosistem broadband, meskipun dalam pelaksanaannya, pemerintah tidak harus melakukannya sendiri.

Kondisi idealnya adalah pemerintah hanya menyediakan infrastruktur TIK sementara pihak swasta yang menyediakan aplikasi yang dibutuhkan.

“Depkominfo telah memahami kondisi tersebut sehingga mereka berpaling ke forum ahli untuk memberikan rekomendasi,” kata Dosen Harvard dan Washington University, Prof Dr Craig Smith yang menjadi mitra tamu di The Habibie Center.

Langkah Depkominfo tersebut dinilai tepat oleh Smith yakni agar forum diskusi ahli untuk merumuskan kerangka kerja bagi program pemerintah untuk mewujudkan kewargaan yang parsitipasif di bidang TIK (ROL-Antara)

One Response to Forum Diskusi Ahli Bahas Penetrasi TIK di Indonesia

  1. ElighSele says:

    Hello. It is test.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: